Follow Me on Twitter

Rabu, 09 Maret 2011

korelasi antara informatika dan politik

gue inget suatu ketika gue lagi baca koran K*MPAS di bagian politik-hukum nya di ruang baca jurusan gue (FYI gue mahasiswa jurusan informatika di sebuah PTN ternama di surabaya), ada temen gue berkomentar "halah, politik sekarang udah ga ada yang bener, ga perlu diurusin lah yang kaya gini mending ngoding aja dah" (FYI "ngoding" itu adalah rutinitas mahasiswa jurusan gue, yaitu mebuat kode untuk suatu program komputer)

gue ga habis pikir, emangnya gue selaku anak informatika (atau kalo dilihat di ruang lingkup lebih luas, gue sebagai mahasiswa) ga boleh untuk sedikit peduli tentang wawasan ya? atau kalo lebih spesifik lagi, ga boleh ngerti tentang politik ya? oke oke, dilihat dari sudut pandang temen gue itu, mungkin dengan ngoding ada keuntungan yang bisa gue dapat, yaitu gue bisa ngerti materi kuliah, atau bahasa kasarnya adalah "tugas gue selesai" (ga munafik, mungkin salah satu tujuan masuk kuliah adalah biar bisa nyelesein tugas, kuis, serta ujian) dan kalopun gue baca koran juga ga ada untungnya (dan bagi dia) mungkin cuma dianggap buang2 waktu aja

let's see, kalo gue liat perkembangan sekarang ini, masalah presiden dan menteri2nya, masalah kesejahteraan rakyat seperti BBM, belum lagi masalah persepakbolaan di indonesia, itu emang runyam banget sih. dan gue sebagai mahasiswa emang belom bisa berbuat apa apa selain berkomentar saja. tapi apa karena gue ga bisa ngapa2in itu gue ga boleh sekedar membuka cakrawala wawasan gue dengan baca berita? kalo kata pepatah mah "membaca itu jendela ilmu" itu juga berlaku pada membaca koran. at least, gue tiap hari lah meluangkan waktu buat baca koran, nonton berita, atau browsing di web2 berita di inet. yah, kalo kita banyak2 baca, ya lebih banyak punya wawasan lah. setidaknya sebagai mahasiswa, walopun gue belom bisa berbuat apa2, gue bisa sedikit memberi kritik dan opini gue selaku warga negara, atau gue bisa sharing ke temen2 biar bisa lebih membuka wawasan. kalo lu tanya "ngasi kritik gimana cara? emangnya orang pada denger pendapat lu?" oke oke, gue emang cuma seorang mahasiswa dan bukan siapa siapa, tapi asal lu tau, sekarang ini jaman apa? sekarang jaman IT men!! gue yakin lu semua pada gak gaptek, minimal punya akun facebook atau kalo lebih bagus punya blog deh. kalo gue sih bisa memanfaatkan teknologi ini dengan sharing, bahkan sharing ke seluruh indonesia. lu tanya lagi "gimana caranya bro?" salah satu caranya nih ya, di beberapa stasiun televisi, ada acara berita yang mengajak para pemirsa untuk berinteraksi, misalnya (bukannya bermaksud promosi) acara SUA*A AN*A di MET*O TV, di acara itu para pemirsa diajak untuk berinteraksi baik melalui sambungan telepon, layanan SMS, atau jejaring sosial macam facebook dan lainnya. yah gue secara anak kosan yang (bisa dikatakan) miskin, gak mau juga lah kalo musti nelpon, mana nelpon ke jakarta pula. ogah banget! kalo SMS pun tarifnya premium, males dah gue! makanya gue beberapa kali pernah perpartisipasi dengan memberi komentar via jejaring sosial facebook.

ada temen gue yang bertanya ke gue "kenapa sih lu peduli amat sih ama masalah politik? gue juga sesekali baca berita, tapi gak sesering lu dah."

gue pengen sharing tentang salah satu pengalaman gue, ceritanya nih sekitar pas bulan januari 2010, ketika libur semester ganjil. gue inget banget tuh, pokoknya jurusan gue tuh pulangnya pas abis pengkaderan (FYI "pengkaderan" itu istilah kampus gue intuk menyebut "ospek", but don't mind it, 'cuz gue juga ga bahas tentang pengkaderan kok) pokoknya pas itu gue lagi di stasiun gubeng, nunggu kereta. nah berhubung gue dateng kecepetan dan masih ada 2 jam-an lagi jadi gue bosen nunggunya. kebetulan samping gue ada om om lagi baca koran. secara gue bosen, gue pinjem aja tuh koran buat dibaca, sekalian buat ngilangin bosen.

tiba2 si om itu ngajak ngomong gue, pertama sih nanya gue itu kerja apa masih mahasiswa, ya gue jawab aja gue mahasiswa di salah satu PTN ternama di surabaya. nah dia bilang gini "bagus deh mas, dari tadi saya pengen sharing sama orang. kebetulan mas mahasiswa, jadi pastinya wawasan mas kan lebih luas dari saya yang cuma rakyat biasa" waduh kok jadi gini, pikir gue. tapi ga ada salahnya lah gue tanggepin, itung2 ngabisin waktu nunggu kereta.

trus om itu ngajak diskusi tentang koran yang gue baca. pas itu kan lagi tenar2nya masalah sidang antasari itu kan, nah dia ngajak gue diskusi tentang kasus tsb. nah gue sedikit sedikit masih bisa naggepin obrolan om tsb. as time passes by, obrolan om tsb makin meluas aja, nyerempet2 kasus century gitu. JEDEEERRR!! mampus gue, gue kan jarang banget (kalo ga bisa dibilang ga pernah) merhatiin masalah politik, kalo baca koran aj gue baca dari belakang, nyari liputan olahraganya duluan. gue terbata bata aja nanggepin statement2nya (biar ga keliatan kaya orang bego, padahal keliatan banget kalo statement2 gue ketika itu ga berbobot banget. padahal awalnya ekspektasi om tsb tinggi banget ke gue, secara dia sampe bilang "pastinya wawasan mas kan lebih luas dari saya yang cuma rakyat biasa")

kalo lu tanya tentang gue waktu itu, SUMPAH GUE MALU BANGET! secara gue mahasiswa, walopun gue bukan mahasiswa yang suka berorganisasi, tapi gue tau lah salah satu peran dan fungsi mahasiswa sebagai social control, yaitu mengontrol banyak hal dalam tatanan kemasyarakatan termasuk kontrol budaya, kontrol masyarakat dan kontrol individu. nah masalahnya, boro boro mau mengontrol kaya gitu, tentang kondisi politik aja gue ga tau sama sekali. mungkin gue ketika sebelumnya gue agak acuh ga acuh sama berita, ga peduli sama hal seperti itu, wawasan gue sempit banget dah.

ya agaknya gue patut berterima kasih juga sama om tsb, gue merasa tersindir gimana gitu, jadi sekarang ya gue agak sedikit peduli lah sama wawasan gue.

nah ketika lu baca tulisan ni, lu mungkin agak heran, dari judulnya "korelasi antara informatika dan politik", lu belom nemuin apa korelasinya. memang, secara garis besar kedua hal itu memang sangat berbeda, ketika informatika itu berhubungan dengan hal hal yang bersifat teknis dan statis, kalo politik itu bersifat terbuka dan dinamis. kalo contoh kasarnya ketika anak informatika bikin kodingan, dan kodingan itu dibiarkan beberapa hari pun, ga bakal berubah kan? statis banget tuh. lain halnya dengan politik, sebagai contoh beberapa hari lalu pas presiden SBY pidato dengan berapi-api tentang beberapa partai yang dianggap "mbalelo" dan bertentangan dengan koalisi, beberapa hari kemudian, keluar statement lain dari presiden SBY melalui mensesneg mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat tidak akan ada reshuffle atau perubahan dalam kursi kabinet.

well, well, makin jelas aja kalo ga ada korelasi antara keduanya, antara informatika dan politik. ya mau gimana lagi, emang kenyataannya begitu ya apa mau dikata? kalo gue sih, secara tertarik pada dua hal tersebut (bahkan kalo gue disuruh milih, sepertinya dunia politik praktis itu lebih menarik daripada dunia informatika) well, sori deh mungkin lu baca artikel ini karena penasaran judulnya dan pengen tau akan korelasi antara informatika dan politik, gue jawab dengan jelas saja ya, TIDAK ADA KORELASINYA. yah, kalaupun ada, mungkin itu tidak berhubungan secara langsung deh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar